Sunday, January 20, 2013

Sajak-sajak Den Rasyidi Az.

Sepi Membakar Kenyataan

Sepi membakar kenyataan di mataku
membawa mimpi abadi, dari matamu

baru malam ini ibu
bulan yang dulu dititipkan pada awan
dan langit berselimut debu
tergesa-tergesa menaburkan cahaya
pada daun-daun

sedang aku ibu
kumandangkan tasbih dan tahmid
hanya sesekali menyibak bumi
tak juga mengiris langit
malam pun pergi
entah, kapan ia membawa sepi

aku menarikan rumi, ibu
juga dinyanyikannya lagu sendu

diantara ujung duri dan batangnya
kulupakan tentang sepi

2012


Membaca Air Mata

Kekasih, bacalah air mataku sebagai kerinduan
tetes embun yang jatuh dalam do’a malammu
Lagi-lagi buat aku terdiam dari sepi
merengkuh bayangmu yang dingin
Aku berdiri tanpa kaki

Awan yang datang pada malam
kupinjam untuk menemani bintang-bintang
saat jarum jam kau cabut sebelum fajar bertandang

Bintik hujan yang bergelombang
kuterjemahkan sebagai lumatan bibirmu
Yang tak sempat kuingat pada kenikmatan

2012


Jarak Kerinduan

O’ Eliza,
Biarlah lorong-lorong membawamu ke puncak jalan
tidak akan kubakar matamu karena sembab

Pada sepi aku geram
menukar luka dengan kesedihan
tertimbun oleh asap dan kabut malam

aku ingin membuat mercusuar
yang mencakar setiap kepedihan

Masihingatkah kauEliza,
Pada bunga-bunga yang tak berdaun
di rerantingnya
kita menggantungkan pandang
kita pun sama-sama pulang

tapi, ia menjadi kunang-kunang
terbang menjemputmu
sementarakita tak pernah berpisah bukan
Kau di sana aku di sini
hanya sebatas jarak yang berlapis kerinduan

2012


Menyetubuhimu

Dalam hati menyetubuhimu sebagai kekasih
Mimpi di tangan malaikat
sebelum anggur dan malam
lenyap di kamarku

Masuklah, lihat bagaimana darah mengalir
pada dinding yang kau jilati dulu
Kau menyatukan tubuh yang nesta
yang abadi tak ada dalam ruang, kataku
Untuk melihat tuhan
aku dalam kekosongan dan hampa

Pada apa saja yang tertambat
tubuhmu adalah tubuhku dalam kesendirian

2012


--------------
Den Rasyidi Az., lahir di Sumenep, Madura, sebagai salah satu penggerak Lingkaran Metalogi dan Aktif di MBP (Masyarakat Bawah Pohon) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Karya-karyanya pernah dipublikasikan berbagai media.

No comments:

Post a Comment